Wednesday, October 08, 2014

VCN BNI Tidak Bisa Dipakai Lagi (?)

Geregetan, oh aku geregetan! *Trying look like Sherina :p

Tapi memang aku beneran gregetan gara-gara ini. Sekitar 2 bulan yang lalu aku membuat akun Paypal, terus setelah cari tahu ini-itu ternyata aku harus membuat rekening baru di BNI yang memungkinkan kartu debitku bisa digunakan di Paypal. Sebelumnya rekeningku cuma yang biasa saja, nggak ada jaringan mastercard-nya gitu lah ceritanya. Nah, setelah berkonsultasi dengan CS di BNI, rekeningku yang lama bisa diubah ke jenis lain (data diri dan uang tabungan nggak ilang, cuma berubah jenis).

Okesip, tinggal nunggu VCN.

Untuk yang belum tahu, aku ceritain singkat aja nih. Jadi BNI itu memberikan layanan yang memungkinkan nasabahnya menggunakan kartu debit untuk belanja online seperti halnya kartu kredit (termasuk verifikasi Paypal), tapi hanya untuk jenis tabungan tertentu. Untuk dapat memverifikasi akun Paypal menggunakan kartu debit BNI, terlebih dulu aktifkan sms banking. Setelah memperoleh VCN (Virtual Card Number), langsung masukkan nomer tersebut ke akun Paypal. Penasaran kayak apa yang dimaksud VCN BNI? Googling aja deh, kepanjangan (banget) kalau aku harus nulis di sini.

Kenapa mesti pake Paypal? Paypal itu apa? Kagak tahu juga nih. Haha. Yang aku tahu, Paypal itu semacam perantara, media “pengantar uang” dari satu orang ke orang yang lain di tempat berbeda, di seluruh dunia. Ya kalau di indonesia kayak kita kirim duit ke orang lain pake wesel, nah Paypal itu semacam wesel internasional berbasis internet. Kurang lebih gitu sih pengertian gampangnya, maaf kalo penjelasanku agak udik.

Tapiii…untuk bisa memanfaatkan Paypal, akun harus diverifikasi dulu menggunakan KARTU KREDIT.

Kalau kamu mau kirim duit ke luar negeri dan nggak punya akun Paypal, pakai Western Union juga bisa. Selama ini temanku yang punya usaha jual kaos pakai itu kalau ada orang asing mau beli kaosnya, berhubung dia juga nggak punya Paypal.

Lanjut ke ceritaku.

Setelah sms banking-ku aktif, aku masih harus menunggu selama sekitar 4 hari supaya bisa menggunakan VCN. Kata CS-nya proses pengaktifannya maksimal 45 hari kerja, karena perlu didaftarkan ke jaringan internasional, jadi nggak bisa kilat. Syukurlah aku nggak harus nunggu sampai selama itu.

Tahap kedua: let’s get verified!

Kenyataan tak semanis harapan, proses verifikasiku gagal. Aku sudah berusaha beberapa kali dengan mencoba berbagai cara; ganti koneksi, ganti komputer, mencoba di waktu yang berbeda, tapi semua gagal. Selalu muncul error message: “We were unable to process your credit card registration at this time. We apologize for the inconvenience. Please try again at a later date.”

What a long long way to go through.

Aku pun mencoba mencari tahu apa yang salah dengan caraku (atau rekeningku). Akhirnya sampailah aku pada suatu diskusi di Kaskus, ternyata ada juga yang mengalami masalah yang sama denganku. Oke, setidaknya aku nggak sendirian :v *licik

Setelah itu aku menemukan komentar (yang mematahkan hati) di situs lain. Ini dia (jika ingin melihat gambar dengan lebih jelas, silakan klik gambar untuk membuka sesuai ukuran aslinya):
  
Sumber: adabisnis.com
  
Sumber: madriva.web.id
(Itu "Anonymous" & "endra" kayaknya orang yang sama)

Jadi benarkah bahwa VCN BNI sudah tidak bisa lagi digunakan untuk verifikasi Paypal?

Aku pun berinisiatif tanya ke twitter resminya BNI (@BNI46) dan Ask Paypal (@AskPayPal). Ke twitternya BNI aku tanya apakah VCN sudah tidak bisa lagi digunakan di Paypal. Lengkapnya begini:
  
Nggak apa-apa ya username-ku disensor? Aku sensitif banget sama media sosial, soalnya :P

Alasan aku tanya ke twitter BNI adalah selain karena aku nggak perlu mengeluarkan pulsa untuk telpon ke CS *kikir detected* juga karena selama ini pertanyaanku selalu dijawab admin, jadi ya udah deh tanya aja dulu ke akun twitternya. Pengaduanku berakhir dengan pengiriman data diri supaya bisa ditindaklanjuti. Tiga hari kemudian aku tanyakan lagi, katanya mohon tunggu kabar, tapi sampai seminggu kemudian belum ada kabar. Tampaknya masalah ini juga pelik bagi pihak BNI. Entahlah.

Sedangkan pengaduanku ke Ask Paypal hasilnya kayak gini (FYI, sebelumnya aku sudah mengirimkan email tapi jawabannya nggak memuaskan…atau mungkin akulah yang masih berusaha mencari jalan keluar lain, yah emang keras kepala sih aku)
   
Maaf lagi nih, grammar belepotan, buru-buru sih waktu itu.

Dan tadi aku menemukan sebuah web yang mengatakan seperti ini:
  
Sumber: xtrsyz.org

Pemilik situs tersebut juga mengungkapkan, “Saya sendiri juga sudah konfirmasi ke PayPal dan BNI tentang masalah ini. Untuk proses di BNI sendiri butuh waktu 45 hari kerja tidak termasuk Sabtu Minggu dan hari libur.” Aku nggak tahu tentang kebenaran “45 hari kerja” itu, tapi aku berharap itu benar.

Fakta-fakta tersebut memang menguatkan dugaanku bahwa memang sudah tak ada lagi harapan untuk memverifikasi akun Paypal-ku. Namun aku masih menyimpan keyakinan bahwa VCN itu masih dapat bekerja.

Alasannya, karena pertama, BNI sudah dengan bangganya woro-woro bahwa mereka mempunyai VCN yang bisa digunakan untuk belanja online. Kalau ternyata saat ini VCN sudah tidak dapat digunakan dan mereka tidak menginformasikan hal tersebut pada masyarakat sementara masyarakat masih mempercayai mereka, itu adalah pembodohan publik.

Kedua, penggunaan VCN BNI melibatkan banyak nasabah. Jika mereka tidak mengusahakan kelanjutan dari VCN mereka, kemungkinan besar mereka akan kehilangan pemasukan potensial. Relakah mereka menghadapi itu?

Itulah kenapa aku yakin sekali bahwa mereka akan berusaha mengatasi hal ini. Kalau nggak? Well, berarti aku salah. Tapi sekalipun aku salah, mereka jelas akan mengalami kemunduran. Sayang sekali jika mereka nggak mempertahankan keberadaan VCN. Dengan adanya VCN, BNI punya kelebihan tersendiri dibanding bank-bank lain di Indonesia dan itu yang jadi daya tariknya di mata calon nasabah. Jadi, VCN lenyap = penurunan kualitas.

Yah, itu analisisku aja sih

Tulisan ini dibuat karena kurangnya info tentang solusi kegagalan penggunaan VCN BNI dalam proses verifikasi Paypal. Semoga sharing ini dapat sedikit membantu. Apabila suatu ketika aku berhasil memverifikasi akun Paypal menggunakan VCN BNI, pasti aku akan sharing lagi di sini. Terima kasih, semoga harimu menyenangkan. Stay happy & healthy, readers!


|| -------------------------------------------------- ||

[Update per 9 Oktober 2014]

Kartu debit dari Indonesia yang bisa digunakan untuk verifikasi Paypal saat ini hanyalah kartu debit Mega Maxi dari Bank Mega, sedangkan untuk kartu kredit masih dilayani semua. Ini email yang kuperoleh barusan:
  
Emailnya masih panjang, tapi itu saja yang ku-capture. Jika gambar kurang jelas, diklik saja, nanti akan tampil ukuran aslinya.

Ada blogger yang sudah membahas beberapa hal seputar penggunaan debit Mega Maxi untuk verifikasi Paypal, silakan mengunjungi dan ubek-ubek blognya evadollzz.blogspot.com.

By the way...tampaknya BNI harus membuat pengumuman baru nih seputar fasilitas VCN mereka.
 

|| -------------------------------------------------- ||
 
[Update per 21 Februari 2015]

Tanggal 19 Februari kemarin, user bernama Julham Matondang berbagi info bahwa dia dapat memverifikasi paypal menggunakan VCN BNI pada tanggal 13 Februari 2015. Silakan cek komentarnya di bawah :)


34 comments:

  1. Betul. VCN BNI sudah tidak bisa untuk verifikasi paypal. Ini dialami oleh beberapa teman blogger juga.

    ReplyDelete
  2. nice info mas..tadinya aku mau coba cara ini..tapi setelah baca artikel mas jadi bingung lagi harus gimana verifikasi yang ampuh..ditambah kebijakan yang baru tentang paypal akan verifikasi tanpa kartu kredit yang belum juga terealisasikan

    ReplyDelete
  3. Pagi agan2, sya cuman mau sharing aja nih, saya baru verifikasi 3 akun paypal sya dengan vcn BNI pada tanggal 13-02-2015, ke 3 akunnya terferivikasi kok, dan pengembalian dana dari paypal ke 3 akun paypal saya masing-masing dibayar kan USD 1,65

    ReplyDelete
  4. sy belum pernah verivikasi paypal pakai vcn, paling cm buat beli2 domain, bleh dicoba nihgan, tertarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aj bang, lumayan buat ngaktifin paypal. Hhe

      Delete
  5. Dulu banget jaman yang lain pada berhasil verifikasi pake vcn, punyaku udah gagal aja tuh ahahahaa :))) tapi tetep cinta bni debit online soalnya kalau buat blanja blanji enak bgt. Etapi udah hampir seminggu ini vcnku ditolak mulu u/ pembayaran tiket pesawat. Huhuhu :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..mirip kyk aku. Yg lain pada berhasil tp kyknya kok aku doang yg gagal :))

      Mungkin lagi bermasalah kali ya buat blanja-blanji :D

      Delete
  6. Bro gue mau lapor VCN BNI sudah bisa dipakai lagi
    Barusan kan gue baca postingan elu dan kebetuan gue nasabah BNI, gue iseng deh aplikasikan vcn BNI , dan yes berhasil bro, ah gue seneng bgt bro karena selangkah lagi paypal gue verified, nah sekarang tinggal nunggu 4 kode dari paypalnya

    ReplyDelete
  7. Sekedar informasi bagi rekan-rekan yang mau verifikasi paypal pakai VCN BNI ternyata sekarang masih bisa. Ini buktinya:
    Verifikasi tanggal 20-03-2015 : http://gdurl.com/fXk3/stats
    Email dari paypal : http://gdurl.com/8pOa/stats
    Akun saya Verified tanggal 24-03-2015 : http://gdurl.com/f0BU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, iya tuh udah verified.
      Selamat ya :D

      Delete
    2. Mohon info langkah2 nya dono mas wawan...karena sudah 2 hari ini saya coba tidak bisa juga, sayabsudah menghubungi cs bni dan datang ke kantor cabang terdekat info nya sudah tidak bisa lg(blokir dr mastercard nya)

      Delete
  8. pernah coba pakai entropay nggak? coba saja mendaftra (gratis) lalu buat kartu virtual baru sekalian topup menggunakan bni debit online. mungkin ini bisa. thnnxs

    ReplyDelete
  9. Masih bisa koks...coba aja...klo abis request VCN jangan langsung di masukin, tunggu 5 menit, pipis dulu atau minum jus dulu. Jangan BAB kelamaan, apalagi klo lagi nikmat...hahaha....

    ReplyDelete
  10. masih ga bisa nih tulisan "The bank that issued your card didn't approve this transaction. Please contact the card issuer's customer service department if you have any questions. Or you can add a different card now to continue"

    ReplyDelete
  11. saya barusan bisa :D tertanggal hari ini.

    ReplyDelete
  12. masih ga bisa nih, tadi nelfon call center BNI. saya tanya kenapa ada yg bisa ada yang ga bisa, terus balesannya cuma "iya VCN itu kartu kredit bayangan sehingga ketika paypal ingin konfirmasi ulang data kartu kredit yang di daftarkan sudah tidak ada"

    ReplyDelete
  13. Saya masih belum bisa nih, sudah hampir 2 minggu sampai malam ini saya coba masih menemukan kendala "The bank that issued your card didn't approve this transaction. Please contact the card issuer's customer service department if you have any questions. Or you can add a different card now to continue" terus kabari ya bagi teman2 yang sudah berhasil!

    ReplyDelete
  14. saya coba berkali-kali gagal terus, tapi barusan saja coba lagi dan berhasil. tinggal nunggu dapetin kode yang 4 digit. ada yang tau biasanya berapa hari?

    ReplyDelete
  15. Permisi Admin.

    JASA PEMBUATAN DAN VERIFIKASI PAYPAL, NETELLER.

    PayPal terverifikasi dengan menggunakan VCC Khusus Sesuai Identitas Asli.
    Kali aja ada yang butuh VCC Khusus Sesuai Identitas Asli.

    Selengkapnya dimari gan, sis:
    https://www.facebook.com/nababan.nerdi/posts/10203433167769634

    HP/WA: 085761117413 (SMS ONLY) | 085310709525 (SMS ONLY)

    Fast respon: https://www.facebook.com/nababan.nerdi

    Terima kasih admin.

    Salam.
    VCC Khusus Sesuai Identitas Asli/VCC AVS.

    ReplyDelete
  16. Saya selalu berhasil menggunakan VCN BNI utk verfikasi paypal. Bahkan saya membantu teman untuk mendapatkannya ...

    Coba cek lagi, barangkali salah input. Krn bulan september 2015 ini, sy baru saja menunjukkan teman utk verifikasi paypal dgn VCN BNI

    ReplyDelete
  17. Iya saya juga tidak bisa. Malah muncul "The bank that issued your card didn't approve this transaction. Please contact the card issuer's customer service department if you have any questions. Or you can add a different card now to continue". Menggunakan BNI Taplus Muda. Mungkin ada yang bermasalah juga tapi rekening BNI Taplus muda ?

    ReplyDelete
  18. wihh mantap gan ulasannya..
    sosial medianya jangan sensor dong :D

    ReplyDelete
  19. Halo semuanya. Cuman mau share pengalaman. Bebrapa hari lalu saya sudah bisa verifikasi paypal dengan VCN BNI dan alhamdulillah, proses untuk verifikasinya lancar jaya tanpa ada hal yang aneh. Coba teman2 perhatikan benar2 prosedurnya mungkin teman2 ada salah input atau apapun namanya.

    Jangan lupa kunjungi blog ane ya http://rizkur07.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  20. Permisi admin, permisi semuanya.
    Lagi butuh uang ni buat nambahin uang kuliah.

    Yang butuh Bank Online PayPal atau Rekening PayPal yang terverifikasi menggunakan kualitas di atas VCC Murah, VCC Biasa, VCC Reguler, VCC AVS.

    Jasa Pembuatan & Verifikasi PayPal, Neteller secara legal, sah dan resmi.
    PayPal terverifikasi dengan menggunakan kualitas di atas VCC Umum, VCC Murah, VCC Biasa, VCC Reguler, VCC AVS, yaitu Virtual Prepaid VisaCard/MasterCard Sesuai Identitas Asli.

    Dengan Virtual Prepaid VisaCard/MasterCard Sesuai Identitas Asli maka yang Anda dapatkan adalah:
    – Full akses ke bank penerbit virtual prepaidnya.
    – Full akses ke virtual prepaidnya.
    – Dapat username dan password virtual prepaidnya.
    – Nama kita sesuai Ktp tertera di badan virtual prepaidnya
    – Bisa direload/isi ulang atau top up virtual prepaidnya.
    – Masa aktif 3 tahun resmi visacard/mastercard.
    – PayPal sekali terverifikasi maka seumur hidup terverifikasi.
    – Dapat card statemen atau transaksi histori resmi yang nama kita tertera di card statementnya.
    – Bank penerbit virtual prepaidnya terlink ke PayPal jadi aman.
    – Bisa digunakan untuk belanja online disemua merchan VisaCard/MasterCard.
    – Dll.

    Selengkapnya: https://www.facebook.com/nababan.nerdi/posts/10203433167769634

    Very-very fast respond: https://www.facebook.com/nababan.nerdi

    HP: 085761117413 | 085310709525 (SMS ONLY)

    Terima kasih admin.

    ReplyDelete
  21. info lanjutan. sekitar awal tahun ini vcn tdk bs dipake lagi. Apa yg lain juga mengalami??

    ReplyDelete
  22. Iya gak bisa lg, padahal mau verifikasi paypal

    ReplyDelete
  23. Permisi admin, permisi semuanya.

    PROMO AKHIR TAHUN 2015.

    Yang butuh Bank Online PayPal atau Rekening PayPal yang terverifikasi menggunakan kualitas di atas VCC Murah, VCC Biasa, VCC Reguler, VCC AVS.

    Jasa Pembuatan & Verifikasi PayPal, Neteller secara legal, sah dan resmi.
    PayPal terverifikasi dengan menggunakan kualitas di atas VCC Umum, VCC Murah, VCC Biasa, VCC Reguler, VCC AVS, yaitu Virtual Prepaid VisaCard/MasterCard Sesuai Identitas Asli.

    Dengan Virtual Prepaid VisaCard/MasterCard Sesuai Identitas Asli maka yang Anda dapatkan adalah:
    – Full akses ke bank penerbit virtual prepaidnya.
    – Full akses ke virtual prepaidnya.
    – Dapat username dan password virtual prepaidnya.
    – Nama kita sesuai Ktp tertera di badan virtual prepaidnya
    – Bisa direload/isi ulang atau top up virtual prepaidnya.
    – Masa aktif 3 tahun resmi visacard/mastercard.
    – PayPal sekali terverifikasi maka seumur hidup terverifikasi.
    – Dapat card statemen atau transaksi histori resmi yang nama kita tertera di card statementnya.
    – Bank penerbit virtual prepaidnya terlink ke PayPal jadi aman.
    – Bisa digunakan untuk belanja online disemua merchan VisaCard/MasterCard.
    – Dll.

    Selengkapnya: https://www.facebook.com/nababan.nerdi/posts/10203433167769634

    Very-very fast respond: https://www.facebook.com/nababan.nerdi

    HP: 085761117413 | 085310709525 (SMS ONLY)

    Terima kasih Admin.

    ReplyDelete
  24. Assalamu'alaikum bro/sis, agan/sista. Bwt kite2 yg susah bikin kartu kredit dripada repot2 puyeng2 ga jelas nyari kartu debit Indo mana sekarang yg msi/udah bisa bwt PayPal segala macem, nanti udah bikin rekening tau2 tetep ga bisa nyesel mending yg pasti aja deh bikin kartu kredit secure card Indigo Sinarmas https://www.banksinarmas.com/tabunganonline/productinfo/detail/12/Secure-Credit-Card
    cuman lock dana jaminan minimal 1 juta gak ilang langsung di approve (instant approval), ga pake nanya2 survey2, masi nganggur atw sekolah juga bisa dapet. Dan itu kartu kredit asli (Visa Classic) bukan debit atau prepaid, lebih prestise juga makenya. Saya baru aja bikin dan ud sukses pake tuh bwt verifikasi/belanja paypal, amazon, Itunes, google play termasuk merchant lokal kayak tokopedia dsb. Bisa semua transaksi online baik VBV dan juga non VBV (Verified by Visa). Dan bisa buat langsung belanja kalo mau, ga perlu buang2 duit beli jasa2 atau saldo2 PayPal giftcard amazon itunes atau VCC ga jelas dan beresiko. Jangan pernah pake VCC atau VCN deh, coz VCC saya pernah diapus PayPal (bruntung ga kena limit cuman diperingatin karena saya ad kartu lainnya di PayPal yaitu kartu plastik Neteller, itu kata PayPal gapapa). Jdi klo tetep mo pake kartu prepaid yg internasional
    atleast pake yg jenis kartu plastik (fisik) nya Neteller atau Payoneer tapi yg atas nama kita sendiri (sayangnya ga bsa bwt Itunes indonesia, harus kartu kredit lokal dalam rupiah kayak misalnya Sinarmas diatas), pokoknya jangan yg versi virtual atau VCN deh (dijamin resiko 100% dihapus kalo lagi apes ketauan/lagi direview ama PayPal). Soalnya PayPal tahu kartu virtual dan VCN itu suka diperjualbelikan ke umum utk verifikasi PayPal doang dan bukan lagi atas nama pemilik
    asal/aslinya, sedangkan tujuan verifikasi itu kan sebenarnya identitas legal kita (selain data rekening kartu yg valid/saldo atau kemampuan beli kita juga tentunya) untuk mencegah resiko fraud/penipuan. PayPal itu tahu jenis kartu kita fisik atau virtual ama asal bank negara mana dari 6 angka pertama kartu kredit/debit kita (BIN card number), misal
    486533xxxx dst (coba dah digoogle kalo mau tau lebih jauh). Itu aja mohon maaf bukan promo atau maksud apapun, cuman mo sekedar sharing pengalaman sedikit disini. Salam :D

    ReplyDelete
  25. Kartu debit yang diterima paypal (verifikasi+belanja) dan bener2 bisa online di indonesia hanya kartu debit visa bank permata doang, debit bank lainnya masih bakal ditolak karena cuman bisa online setengah2 bisa vbv doang atau bisa vcn doang

    http://amirz123.blogspot.co.id/2016/08/cara-memverifikasi-paypal-dengan-kartu.html

    Selain itu harus pakai kartu kredit. Kalo susah dapet kartu kredit biasa bisa bikin secured credit cardnya bank sinarmas modal saldo 500 ribu

    https://www.banksinarmas.com/ecatalog/n-cc.php

    Vcn dan vcc juga payoneer tidak lagi diterima paypal, rawan kena limit.

    ReplyDelete
  26. VCN BNI udah bisa dipake lagi... betulan deh... saya baruuuuu aja verif kemaren sore

    ReplyDelete
  27. kak, mau tanya dong.. kalau misal kita daftar pakai kartu kredit..
    tapi 3 bulan kemudian Kartu kredit kita di nonaktifkan..
    apakah akan berpengaruh di paypall (menyebabkan Paypall tidak unverified)..
    mohon penecerahannya kak

    ReplyDelete
  28. Pulsa gratis tanpa batas!
    Buruan instal Cashtree di android kamu.
    Mau dapat tambahan Rp1.000? Instal dari link ini!
    Ada juga kesempatan "PULSA 1JUTA" buat kamu dari Lucky Chance!
    Ayoo instal sekarang!!
    Flash Cash hari ini ! 02 MEI 14:?? WIB [Rp 473] (Total Cash-ku Rp 199.028) https://invite.cashtree.id/e20ecf

    ReplyDelete