Tuesday, November 04, 2014

Jangan Panggil Aku “Bro” Ya, Bro?

Source of pict: link
Aku itu, nggak di SMS, nggak di dunia maya, dipanggil “bro” melulu. Yakali emang udah nasibku gara-gara punya nama boyish (boyish = bersifat seperti laki-laki) :|

Nama yang kugunakan sebagai nama blogger-ku ini bukan nama lengkap. Asli sih, tapi nggak lengkap. Sebenarnya itu di tengah dan di belakangnya masih ada yang lain, jadi kalau orang baca nama lengkapku pasti akan tahu genderku apa. Tapi kalau cuma 2 kata seperti yang kupakai sekarang ini, yakin deh siapapun bakal ngira aku ini cowok (namaku udah kuganti ya, sekarang cuma 1 kata aja, biar keren :D ).

Aku memilih 2 nama itu sebagai nama blogger karena keduanya adalah nama panggilanku. Aku ini tipe orang yang punya 2 nama panggilan berbeda di dalam dan di luar rumah *LOL =)) semacam nama “siang” sama “malem” aja yak

Maksudnya aku menggunakan kedua nama panggilan itu awalnya supaya teman-temanku di sosial media tahu kalau itu aku. Jadi yang cuma kenal nama depan atau nama tengahku saja, bisa tahu itu aku. Tapi selanjutnya aku jadi terbiasa menggunakan kedua nama itu meski tak ada teman yang kukenal.

Aku sih sudah terbiasa dipanggil Mas atau Bro sama orang yang belum kenal aku, aku maklumi kesalahan bukan ada pada mereka. Tapi setiap kali ada yang manggil kayak gitu, aku selalu merasa harus meluruskan anggapan mereka.

Panggilan kayak gitu paling sering kuterima saat sedang SMS-an sama orang yang baru kenal atau komen-komenan sama blogger lain. Contohnya, dulu pernah aku dititipi kakak angkatan (beda jurusan) buat ngasih kaos pesenan ke adik angkatan (satu jurusan). Aku SMS lah tuh orang-orang, terus seperti biasa di akhir SMS kuberi namaku yang Alfa itu. Begitu dibales, kalimat yang muncul, “Oke, Mas.” X_X Shock berat aku!

Pernah juga waktu itu aku datang ke suatu acara bersama 2 temanku (cowok). Pas mau masuk ruangan, panitia yang jaga meja registrasi mau ngasih co-card, terus nama kita disebut (buat ngecek). Nah pas bagianku, “Alfa!” Panitianya refleks liat ke arah 2 temanku yang cowok itu. Aku pikir, “Wah, kena jebakan betmen nih orang.” Langsung aku jawab, “Ya?” Terus panitianya itu mengalihkan pandangan ke aku dengan tatapan rada nggak percaya dan mulut setengah terbuka. Tuh, nggak percaya kan dia =D

Yang lebih konyol lagi, dulu pernah aku KP (Kerja Praktek) di luar kota terus butuh kos-kosan. Sebelum berangkat KP, aku sudah sempat telpon-telponan sama ibu kosnya itu buat nanya tarif kos. Pas sampai di sana ibunya itu bilang, “Lho? Aku pikir yang namanya Alfa itu cowok.” Duh! Ibu, emang nggak bisa ketahuan ya aku cowok apa cewek dari suaraku di telpon waktu itu??

Setelah kupikir-pikir, menurutku kedua nama panggilanku itu gender-less lho. Tapi mungkin di Indonesia kebanyakan yang pakai itu cowok ya?

Pada akhirnya, meski banyak orang yang sering salah mengira aku adalah mas-mas karena namaku, aku tetap BANGGA punya nama boyish seperti ini B-)

Lagipula, dikira cowok oleh blogger cowok itu ada gunanya juga lho buatku. Biasanya kalau blogger cowok tahu kita cewek, pasti bakal dibaik-baikin, komentarnya juga yang biasa aja gitu kan (maksudnya kalau kamu cari saran/kritik yang membangun, komentar kayak gitu tuh kurang nampol). Tapi kalau mereka kira aku cowok, biasanya komentar/respon mereka bakal lebih jujur, apa adanya, jelek ya dibilang jelek, nggak setuju ya bilang nggak setuju, dll. Soalnya mereka kira kan lagi ngobrol sama sesama cowok, jadi apa adanya. Itu salah satu hal yang kupelajari dari berteman dengan banyak cowok.

Cowok itu ada banyak karakternya, nggak semua cowok itu cuek bebek kayak yang sering kita lihat di film-film. Sebenarnya cowok itu nggak cuek-cuek amat, mereka juga punya kepedulian, hanya saja mereka nggak segamblang cewek dalam menunjukkan kepedulian mereka. Tapi dalam berinteraksi (diskusi misalnya), cowok lebih to the point dibanding cewek, biasanya analisis mereka lebih tajam dan logis. Ya itu cuma kecenderungan aja sih, yang nggak ngikut “kecenderungan” itu juga ada.

Apaan sih, malah jadi ngomongin cowok deh aku. Tapi harus kuakui, ngobrol sama blogger cowok (yang ngira aku juga cowok) itu rasanya kayak ngobrol sama teman-temanku di dunia nyata…kata-katanya tajam dan tepat sasaran. LOL

Eh btw apa nama (boyish/girlish) itu ngefek ke karakter? Soalnya aku kok agak urakan gini ya orangnya? =))

Tapi dipanggil Bro itu lebih mending daripada Mas. Kalau dipanggil Mas tuh jelas banget aku salah gender.


12 comments:

  1. Sabar ya broo :)) Ambil seru nya aja

    Main'' tmpt saya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi bang, udah dari dulu sabarnya =D
      Ntar aku mampir deh ke tempat situ

      Delete
  2. Hahaha sip bro *pembelaan banget ya*

    ReplyDelete
  3. Kalo gue kesan pertama dari namanya ngga anggep cowo loh bro #eh... ngga, suer...
    yang terlintas dipikiran itu minimarket :D
    Becanda deng... hihi..tapi iya sih...hahaha...

    Alfa kan emang "laki" banget sis <-- (tuh gue panggil sis yah), coz alfa kan simbol kepemimpinan jantan ^^ CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga sih. Dulu kenalanku yg anak Sosiologi nanya, "Kok namamu Alfa sih? Kalo di kawanan singa (helooo~ dia menyamakanku dgn singa) kan Alfa itu jantan (pemimpin/binatang jantan yg outstanding disebut Alfa Male)."

      Yakali dulu ortuku kagak ngerti yg begituan. Yg mereka tau Alfa itu artinya pertama, langsung deh tuh jadi namaku =))

      Delete
  4. awal tadi ku ngira alfa tu nama cewek, terus pas baca blog kok bahasanya kaya cowok. terus????

    ReplyDelete
    Replies
    1. trus pada akhirnya aku tetep cewek kok mas =))

      Delete
  5. Pernah nonton film tahun 1994, Little Rascals? Ada karakter bernama Alfa(fa).
    Dia cowok, seorang lover boy, cowok yang sedang kasmaran.
    Terus apa hubungannya?
    Ga ada. Cuman namanya sama. Tapi lawan jenis.
    Lawan kepribadian... *mungkin*
    :)))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah kayaknya, tapi lupa ceritanya gimana. Haha
      "Lawan kepribadian" gimana maksudnya pak bro? :D
      Eh btw aku kayak dapet jackpot nih gara-gara blogku dapet kunjungan dari kamu =D

      Delete
  6. Kebanyakan sih yang nama alfa itu cowok. Temen gue juga ada nama Alfa, dia cowok :D
    Asli cewek dipanggil Mas, gimana rasanya itu ya =D

    ReplyDelete
  7. oh bro, jadi cewek ya? :))
    skenal sis

    ReplyDelete