Tuesday, April 24, 2012

Copyright??

Memang benar apa yang tertera dalam beberapa blog & web: "Hargai penulis artikel, kalau mau menyalin dan memasukkan dalam blog/web lain tolong berikan 'credit' (sumber dari mana tulisan itu berasal)". Hal ini persis seperti apa yang dikemukakan oleh dosenku (yang memberi tugas membuat web, jaman jadul, hhe) bahwa ketika kita menulis suatu artikel di dunia maya, apabila tulisan itu kita sadur/copy dari web lain maka harus ditulis alamat/nama web itu, sebagai bentuk respect kita pada si penulis, supaya kita tidak disebut plagiat.

Selama ini aku cuma menyalin untuk kutulis ulang di catatan pribadiku, ataupun kalau menulis suatu artikel selalu aku sebutkan sumber blog/web yang aku baca itu. Mungkin di blog/web asal tidak menyebutkan mengenai ketentuan itu, tapi setidaknya kita sendiri harus menyadari bahwa hasil tulisan si penulis yang asli patut untuk dihargai.

Jurnal/paper saja harus menyebutkan daftar pustaka meski itu berasal dari web, apalagi kita yang sama-sama menulis di dunia maya yang notabene lebih mudah dibaca/diketahui orang di seluruh belahan dunia, harus lebih berhati-hati dalam salin-menyalin.

Hal yang kelihatan sepele seperti ini baru terasa tidak 'sepele' saat kita, sebagai penulis, melihat tulisan kita yang sudah sedemikian rupa dirangkai dari kata-kata menjadi sebuah bacaan utuh, ternyata tercantum dalam blog/web lain tanpa ada keterangan dari mana tulisan itu berasal. Tentunya kalian yang pernah mengalami hal seperti itu pernah merasakannya, sedikit perasaan tidak enak di dalam hati, ya kan?.. Ya, saat itulah kalian sebagai penulis merasa 'dilangkahi'.

Jadi siapapun kalian yang membaca tulisan ini, saat membaca artikel lain & ingin menulis ulang, tolong cantumkan blog/web sumber tulisan itu berasal. Dengan begitu kalian akan menjadi penulis yang terhormat (ini menurut bahasaku). Karena seorang penulis yang sesungguhnya, akan menghormati hasil karya penulis lain, dengan cara itulah si penulis akan diakui keberadaannya.

- admin -

No comments:

Post a Comment