Thursday, June 28, 2012

Camilan (Lagi): Onion Ring


Sambil mengisi slot posting yg masih perlu diisi, hhaa, kali ini aku akan sharing tentang salah satu makanan yang pernah kubuat, namanya "Onion Ring". Lagi-lagi ini adalah camilan homemade sederhana yang aku sarankan buat kalian-kalian yang mencari camilan ringan & gampang dibuat, hehe...prinsip ekonomi guys  :P



Bahan
  • Minyak goreng, secukupnya (ya kayak takaran mau goreng tempe, jangan terlalu sedikit, tapi juga jangan terlalu banyak, sesuaikan dengan bombay yang akan digoreng)
  • Tepung terigu, secukupnya, nantinya untuk membalut bombay (disarankan untuk menyediakan 1 bungkus tepung bumbu yang sudah siap pakai, mudah dijumpai kok di toko-toko, murah pula)
  • Bawang bombay, secukupnya (untuk percobaan pertama, gunakan 1 buah bawang bombay terlebih dahulu, 1 buah saja bisa jadi banyak itu...ya kecuali kalau yang mau makan 1 keluarga, tapi itu pun tergantung berapa banyak anggota keluargamu, lalu siapa saja yang tidak suka makan bombay, wahaha, kebanyakan syarat nih)
  • Telur ayam, 1 butir (boleh menggunakan lebih dari 1, tapi sebaiknya 1 dulu saja, nanti kalau kira-kira sudah hampir habis & masih kurang, baru ditambahkan lagi)

Cara membuat
  1. Iris bawang bombay sehingga menyerupai 'ring' dengan jarak yang tidak terlalu tipis supaya nantinya tidak mudah 'patah', pisahkan tiap lapisannya, kemudian rendam beberapa saat dalam air dingin. Dari tips yang aku dapat, cara ini dapat mengurangi rasa bawang yang pedas & tidak enak. Cukup direndam kira-kira 10 menit, boleh lebih, asalkan jangan terlalu lama sampai terlihat seperti berlendir, dan sebaiknya bawang bombay yang diiris saat itu juga dihabiskan/dimanfaatkan supaya rasanya masih fresh.
  2. Kocok telur ayam, pisahkan, jangan dicampur dengan tepung.
  3. Ambil 'ring' bombay yang sudah ditiriskan dari air dingin terlebih dahulu. Masukkan ke dalam kocokan telur, kemudian masukkan dalam tepung, bolak-balik sampai seluruh permukaan 'ring' bombay terlumuri tepung. Goreng sampai berwarna kecoklatan, angkat.

Bedanya onion ring ini dengan yang tidak menggunakan telur, tentu saja rasa onion ring yang ini akan terasa sedikit 'lebih berat' pada adonan kulitnya. Tau maksudnya kan? Tapi pokoknya pakai telur atau tidak, rasa onion ring pasti tetap enak...karena sepertinya kuncinya ada di tepung bumbu, hahaha.

Tips
Jika kalian menyukai adonan tepung yang agak tebal, masukkan lagi 'ring' bombay yang sudah dilumuri tepung, ke dalam kocokan telur, lalu lumuri lagi dengan tepung. Cara ini tidak hanya membuat balutan 'ring' bombay lebih tebal, namun juga membantu membangun tekstur onion ring. Kekurangan dari cara ini tentu saja boros telur dan tepung :D

No comments:

Post a Comment