Friday, December 26, 2014

13 Film & Serial Korea Layak Tonton [Part 1]

Yakin nih, pasti yang nggak suka sama segala sesuatu berbau Korea nggak bakalan mau baca postingan ini. But, hey! This is just for fun!
    
Selama ini kita tahu bahwa fans film dan drama Korea adalah perempuan. Kebanyakan laki-laki biasanya ogah menonton tontonan dari Korea (yang kumaksud di sini adalah Korea Selatan ya, bukan Korea Utara, huehehe) karena penampilan kaum adam yang kelewat cantik. Tapiii…bagaimana bisa mereka disalahkan untuk sesuatu yang sudah mereka miliki sejak lahir? Itu seperti kamu disalahkan orang lain karena fisikmu kurang menarik. Nggak fair kan, penilaian semacam itu? Jadi tolong hentikan menggunakan fisik lelaki Korea sebagai alasan untuk membenci mereka (aku pernah membuat pembelaan lain terhadap fans-fans Korea, sekitar 2 tahun yang lalu, di postingan yang berjudul Korean Day UGM 2012...dan Sekelumit Ceritaku).
   
Film dan serial Korea juga ada yang bagus, kok! Nih, aku pilihkan 13 judul yang layak ditonton. Kenapa memilih 13? Karena 10 dan 15 itu mainstream *halah =D

1. God’s Quiz (Serial, Sci-fi, Misteri)

Source of pict: link
Sampai sekarang, serial ini sudah dibuat 4 season, tapi aku belum nonton yang season 4. Inti ceritanya adalah tentang seorang pria jenius yang bekerja di lab forensik yang khusus menangani orang-orang yang meninggal secara misterius (mencari penyebab kematian secara biologis). Awalnya, si tokoh utama sangat menyukai robot, tapi kemudian dia memutuskan untuk belajar kedokteran karena menurutnya robot yang paling rumit adalah tubuh manusia (kalau tidak salah ingat, begitulah dialognya).
 
Setiap episodenya mengangkat tema tentang penyakit langka yang berbeda-beda. Seperti misalnya ada salah satu episode yang menceritakan tentang meninggalnya seorang gadis di gedung bioskop, tidak diketahui penyebab kematiannya secara pasti (tidak ada tanda-tanda dia keracunan, dll). Ternyata, gadis itu mengidap penyakit langka yang berhubungan dengan organ (lupa, organnya jantung/hati/paru-paru). Jadi organnya itu bisa berhenti bekerja (karena shock) saat terjadi perubahan emosi yang drastis pada dirinya (misalnya karena terlalu senang, takut, sedih, dll). Makanya dia diajarkan oleh ibunya untuk tidak beremosi sejak kecil. Tapi pada akhirnya dia meninggal di bioskop karena menonton film komedi dan terbawa suasana, lalu dia tertawa…lantas meninggal.
  
*Ide cerita utama dari serial ini tentu saja tentang tokoh utama. Di season 2 diceritakan bahwa kepribadian gandanya muncul. Over all, aku sangat suka serial ini karena sangat logis dan banyak misteri di sana-sini. Dan juga, unsur romansanya sedikit, tidak mengganggu ide cerita utama.
    
2. Miracle in Cell No. 7 (Film)

Source of pict: link
Ini film yang super duper menguras emosi! Soalnya bawa-bawa anak kecil. Semua film yang ada anak kecilnya biasanya kan mengharukan. :(
  
Inti ceritanya adalah tentang seorang pengacara yang meminta keadilan untuk ayahnya yang menderita keterbelakangan mental yang dulu dituduh mencabuli dan membunuh anak polisi. Adegan film kemudian flashback ke peristiwa bertahun-tahun sebelumnya dimana si pengacara masih kecil. Penghuni sel penjara nomer 7 menjadi kawan setia ayahnya yang membantu si pengacara kecil masuk ke sel dan bertemu ayahnya (mereka hanya tinggal berdua, jadi wajar kalau khawatir dan kangen banget satu sama lain). Cerita semakin seru dan mendebarkan saat semua penghuni sel tersebut bahu-membahu memecahkan misteri penyebab meninggalnya si anak polisi dan berusaha “melatih” si ayah untuk bisa membela diri di persidangan selanjutnya.
  
*Meski menguras emosi, ini film yang bagus, layak ditonton. Tapi yang aku heran, itu anak perempuannya beneran anak biologisnya?
    
3. Special Affairs Team TEN (Serial, Thriller)

Source of pict: link
Sampai sekarang, serial ini sudah dibuat 2 season, tapi aku baru nonton yang season 1. Serial ini berceritanya tentang usaha salah satu tim khusus kepolisian yang menangani kasus kriminal (pembunuhan) yang sulit dipecahkan. Ide pokoknya adalah pengejaran pembunuh berantai misterius yang membunuh istri si tokoh utama dan sampai saat itu masih berkeliaran.
  
*Aku pernah membuat ulasan (entah itu namanya ulasan atau apa namanya) di postinganku yang berjudul Special Affairs Team TEN (OCN - late 2011). Seperti halnya God’s Quiz, aku suka serial ini karena tipenya thriller.
      
4. Cold Eyes (Film)

Source of pict: link
Film ini kurekomendasikan untuk kalian yang kurang suka film romance, karena di film ini sama sekali tidak ada cerita cinta-cintaannya. =D
 
Inti cerita ini adalah tentang usaha polisi menangkap komplotan penjahat dan bagaimana si “otak” penjahat berusaha lolos dari pengejaran polisi. Tim polisi punya anggota yang punya ingatan fotografis dan daya analisis tajam, sedangkan “otak” penjahat juga tidak kalah cerdas. Jadi kejar-kejarannya pelik banget. :D
       
5. Wild Romance (Drama Serial, Komedi, Misteri)

Source of pict: link
Drama ini juga ada bumbu misterinya, tapi adegan konyolnya juga tidak kalah banyak. =D
 
Inti ceritanya adalah tentang seorang gadis tomboy yang harus menjadi bodyguard pemain bisbol yang dia benci demi menyelamatkan karirnya (yang sebenarnya dimulai dari kekonyolan keluarganya sendiri). Sudah bisa ditebak ya, si gadis bodyguard dan pemain bisbol akhirnya saling suka. Tapi penghalang yang tidak biasa di antara mereka adalah mantan pacar pemain bisbol yang menderita bipolar (nah, ini nih film yang mengenalkanku pada bipolar) dan fans fanatik yang kerap mengirimi ancaman.
  
*Sisi romance, misteri, lucu; seimbang. Cocok ditonton oleh kalian yang suka kombinasi ketiganya dan tidak suka romance yang terlalu menye-menye.
      
6. Werewolf Boy (Film)

Source of pict: link
Sudah pernah dengar tentang film ini? Kabarnya, di Korea Selatan sana, film ini menjadi film melankolis pertama yang sukses besar. Ya, Werewolf Boy adalah film yang punya banyak sisi sedih.
  
Jalan ceritanya sebenarnya standar: ada sebuah keluarga pindahan ke rumah baru, anak perempuannya menemukan cowok kumal pendiam yang kemudian dirawat karena tidak jelas asal-usulnya, lalu muncul tokoh antagonis, si cowok kumal ketahuan kalau dia sebenarnya manusia serigala, akhirnya dia dikejar-kejar orang sekampung buat diusir. Udah, gitu aja. Simple dan standar banget, kan?
  
Meski demikian, aku rasa alasan mengapa film ini mendapat banyak perhatian adalah karena akting pemeran utama yang jadi cowok serigala (eiitss…ini beda banget lho sama GGS). Dialognya di film ini sangat sedikit sekali. Sungguh. Tapi tatapan matanya menyiratkan perasaan-perasaan yang tak terucapkan *tsaahh
   
Bagus sih aktingnya menurutku, karena tanpa berkata-kata, hanya dengan gesture, dia bisa menyampaikan pesan ke penonton.
  
(Tertarik pada 6 film & drama yang kurekomendasikan di sini? Cek 7 judul sisanya di part 2
   

2 comments:

  1. Menarik2... Thanks rekomennya. Aku udh jarang nonton koreaan skrg. Tapi siapa tahu nanti dapat dari teman :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih feedbacknya :)
      Pastikan kamu udah cek 7 judul yang lain di part 2 ya *sengaja kujadikan 2 part, biar yg ga tertarik ga perlu scrolling panjang sampai bawah banget :D

      Delete