Thursday, April 04, 2013

Resep Praktis Brownies Kukus

All hail brownies kukus!! Waduh, bisa dikira sekte nih. Haha. Sudah lama sekali aku tidak berbagi resep di sini. Hari ini aku mau menulis sebuah resep yang aku coba belum lama ini, yaitu BROWNIES KUKUS! Resep ini merupakan resep modifikasi dari Dapur Umami.
    

   
BAHAN:

  • 50 gr coklat bubuk (aku menggunakan merk pasaran yang mudah didapat di toko-toko)
  • 150 gr tepung terigu
  • 1/2 sdm soda kue (soda kue, ya…bukan baking powder atau yang lain)
  • 6 btr telur
  • 200 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 75 ml minyak
  • sedikit margarin, untuk mengoles loyang

CARA MEMBUAT:

  1. Campurkan tepung terigu, coklat bubuk, gula pasir, soda kue dan garam, sampai benar-benar tercampur rata dan tidak ada garam menggumpal.
  2. Tambahkan telur dan minyak, aduk sampai benar-benar tercampur sempurna.
  3. Olesi loyang dengan margarin, sedikit saja yang penting rata. Taburi loyang dengan tepung terigu, sedikit saja tapi merata ke seluruh bagian dalam loyang. Ingat, jangan sampai ada tepung yang menumpuk terlalu banyak.
  4. Tuang adonan ke loyang, kukus hingga matang (30-40 menit), angkat, dinginkan.

CATATAN:

  • Brownies yang sudah matang bisa dihias dengan coklat putih atau meses. Kalau mau dihias dengan coklat putih, gunakan coklat masak (coklat batangan yang dilelehkan), tunggu sampai suhu brownies turun. Jangan khawatir, coklat mudah mengeras, tidak apa-apa menambahkan coklat putih sewaktu brownies sudah dingin.
  • Kalau mau dihias dengan meses, tambahkan meses segera setelah brownies matang. Dengan demikian meses akan ‘menempel’ ke brownies. Jangan menambahkan meses ke atas adonan sebelum dikukus kalau mau browniesmu tampak cantik. Menambahkan meses sebelum adonan dikukus akan menyebabkan bentuk brownies tidak sempurna.
  • Takaran soda kue bisa ditambah, tapi saranku jangan sampai 1 sdm penuh. Karena nanti rasa browniesnya malah seperti soda, bukan kue. Kalau buat aku sih kurang bersahabat di tenggorokan dan lambung. Tapi aku belum pernah mencoba kalau tidak menggunakan soda kue. 
  • Karena nantinya mengembang, jangan menuang seluruh adonan dalam 1 loyang kecil. Kalau yang di gambar itu aku pake 2 loyang, masing-masing ukurannya 20 x 6 x 5 cm. Setiap loyang aku isi setengahnya saja.


Hasil akhir brownies ini nanti menurutku seperti kue bolu (?), tapi enak kok. Hehe. Mungkin lain kali akan aku coba mengganti topping-nya dengan kacang. Terakhir, tolong pastikan dulu sebelum mengukus bahwa tak ada bahan yang menggumpal dalam adonan, karena menggumpal is not good :)


Update per Agustus 2013

Percobaan terakhir yang aku lakukan, setelah brownies matang, kupotong sedikit bagian atasnya lalu kuolesi buttercream dan kutaburi keju parut. And...voila!



maaf ya foto kurang jelas,
yang foto bukan aku sih...hehe :p

Untuk buttercream, aku cuma pakai campuran mentega putih + gula halus yang dikocok, jadi rasanya nggak seenak roti-roti yang kita beli di luar. But thanks to those cheese! Berkat adanya keju, kekurangan buttercream bisa tertutupi.

1 comment:

  1. kbetulan sekali, mau buat ah di rumah :)
    terimakasih rsepnya

    ReplyDelete