Friday, December 26, 2014

13 Film & Serial Korea Layak Tonton [Part 2]

(Lanjutan dari part 1)
  
7. Iljimae (Drama Serial)

Source of pict: link
Iljimae ini adalah drama yang akting pemeran utamanya bagus, seperti Werewolf Boy. Bagusnya di sebelah mana? Tokoh utama diceritakan sebagai orang yang kelihatannya ceria dan bodoh, tapi di sisi lain dia serius dan punya kemampuan berkelahi yang hebat. Nah, pemerannya bisa dengan tepat menggambarkan image tersebut, sehingga penonton ikut merasa yakin dengan karakter yang ditampilkan saat itu dan terbawa suasana.
  
Jalan ceritanya rada belibet tapi tidak lebay sampai harus diperpanjang ratusan episode. :p

Inti ceritanya tentang seorang pria yang mencari tahu identitas pembunuh keluarganya. Jadi dia itu sebenarnya keturunan bangsawan, tapi keluarganya dituduh sebagai pemberontak sehingga semua anggota keluarganya diburu untuk dibunuh. Dia yang berhasil kabur akhirnya dirawat oleh keluarga biasa (non-bangsawan) yang sederhana. Setelah beranjak dewasa, dia lupa pada peristiwa masa kecilnya (sepertinya karena trauma). Tapi setelah dia tahu siapa keluarganya dan ingat peristiwa saat ayahnya dibunuh, dia pun mulai berusaha mencari dalang dibalik pemfitnahan keluarganya.
  
8. Reply 1997 (Drama Serial, Komedi)

Source of pict: link
Serial ini favoritku banget! Yang paling istimewa dari serial ini adalah cara pengemasannya. Ceritanya tentang sekelompok teman yang bersahabat saat SMA (tahun 1997) lalu reuni 15 tahun kemudian (tahun 2012), lalu terjadi flashback/alur maju-mundur di setiap episodenya yang membuat penonton penasaran. Selain itu kelakuan si gadis tokoh utama yang merupakan fans berat boyband tahun 1997 bakal membuat kita (baca: fans KPop) ngaca, “Apakah aku terlihat segila itu saat membela idolaku?” LOL
 
Serial ini sarat adegan konyol yang bakal bikin kita ketawa-ketiwi saat menontonnya. Ciri khasnya, saat ada kejadian memalukan/garing, tokoh-tokohnya akan diam dan terdengar suara kambing, ”Mbeekkk!” =))
  
9. Beautiful Man (Drama Serial)

Source of pict: link
Drama ini kesannya mungkin biasa saja, ceritanya tentang seorang pria cantik (saking cakepnya) yang matre tapi belum pernah benar-benar jatuh cinta. Si pria tokoh utama yang tadinya tidak punya kemampuan, kemudian “dilatih” seorang wanita untuk bisa memiliki karakter pebisnis. Caranya yaitu dengan belajar dari beberapa wanita yang berbeda, dengan cara “menaklukkannya”. Setiap wanita itu mempunyai pekerjaan, karakter dan keistimewaan yang berbeda-beda. Ada yang kaya luar biasa, ada yang punya koneksi kuat di mana-mana, ada pewaris perusahaan yang egois, ada juga peramal polos yang belum pernah pacaran, dll. Semua wanita itu mengajarkan tokoh utama tentang hal yang berbeda-beda namun semuanya berharga.
  
Pada akhinya, tokoh utama yang di awal cerita hanya mempunyai fisik sebagai “satu-satunya senjata” kemudian perlahan-lahan belajar tentang hal-hal yang menambah kemampuan serta memperbaiki kualitas dirinya. Perjalanan itulah yang mengantarkannya pada identitas orangtuanya yang sebenarnya dan bagaimana dia memenangkan hati orang tersebut. Menurutku di situlah letak kekuatan cerita drama ini sebenarnya. :)
  
10. I Can Hear Your Voice (Drama Serial, Romance)

Source of pict: link
Drama ini bercerita tentang seorang pria yang ingin melindungi seorang perempuan karena dulu perempuan itu pernah bersaksi di kasus pembunuhan ayahnya. Sewaktu si pria masih kecil, si perempuan jadi saksi mata kejadian. Setelah dewasa, si perempuan yang sudah menjadi pengacara, dikejar-kejar pelaku yang sudah bebas dari penjara karena ingin balas dendam.
  
Meski genre-nya kutulis “romance” tapi drama ini mengandung nilai moral yang bagus, yaitu bahwa setiap tindakan tidak menyenangkan/jahat yang dilakukan seseorang itu ada alasannya. Sebagian besar alasannya karena mereka merasa pernah diperlakukan tidak adil dan ingin membalas rasa sakit hati.
  
Ada dua line yang kusuka dan kuingat di drama ini, yaitu: 
  
“Hidup ini terlalu singkat untuk mencintai orang lain, jadi jangan membenci siapapun.” - Ibu tokoh utama perempuan, sebelum dia meninggal.
  
dan
  
“Kamu memang diperlakukan tidak adil, tapi jika kamu membalas maka semua pembelaanmu akan lenyap.” - Tokoh utama perempuan, kusimpulkan secara tidak langsung.
  
*Yang kusuka dari drama ini, selain nilai moralnya yang kuat yaitu karena bercerita tentang kasus-kasus di pengadilan. Dan yang perlu diapresiasi di drama ini adalah tokoh antagonisnya, karena di sini dia tidak hanya diceritakan punya sisi licik, tapi juga punya sisi kejam, baik, sekaligus tertindas.
  
11. Hello Ghost (Film Keluarga, Komedi)

Source of pict: link
Film ini bercerita tentang seorang pria yang kehilangan semangat hidupnya dan mencoba untuk bunuh diri tapi selalu gagal. Setelah percobaan bunuh dirinya yang terakhir juga gagal, dia bisa melihat 4 hantu. Keempat hantu tersebut mengikutinya dari rumah sakit sampai ke rumah dan sejak saat itu mereka “hidup” bersama. Kehadiran hantu-hantu itu memberi warna tersendiri dalam hidupnya (termasuk kerepotan-kerepotan). Tapi lama-kelamaan dia tidak tahan dengan kehadiran mereka dan mengusir mereka semua pergi.
  
Mendekati ujung film, si pria teringat akan masa kecilnya yang sudah lama dia lupakan dan mendapati memori bahwa wajah keluarganya adalah…hantu-hantu itu! *Maaf, aku tidak tahan membocorkan ending-nya*
 
Jadi hantu pria tua itu adalah kakeknya, hantu pria setengah baya adalah ayahnya, hantu perempuan yang cengeng adalah ibunya dan hantu bocah laki-laki yang gemar makan permen adalah kakaknya. Sewaktu dia kecil, keluarganya pergi bersama menggunakan mobil baru, tapi di jalan mobilnya mengalami kecelakaan. Karena sewaktu terjadi benturan dia dilindungi oleh ibunya, dia pun selamat, tapi anggota keluarganya yang lain meninggal semua. :(
  
Di akhir film (akhir banget), ditunjukkan bahwa keluarganya juga hadir saat dia diwisuda, dan ternyata keluarganya lah yang menggagalkan usahanya bunuh diri (di awal film).
  
12. Rooftop Prince (Drama Serial, Komedi)

Source of pict: link
Ini drama yang kocak abis di awal, tapi sangat menggerus emosi di akhir. Intinya tentang seorang pangeran mahkota (atau raja, ya?) yang berusaha mengungkap misteri pembunuhan istrinya, ditemani 3 orang pengawalnya. Entah bagaimana bisa, mereka kemudian “terlempar” ke masa depan dan bertemu dengan orang-orang yang mirip dengan orang-orang yang mereka kenal di masa mereka. Pertemuan itulah yang akhirnya mengantarkan mereka pada fakta di balik pembunuhan yang berusaha mereka ungkap.
  
Kekuatan drama ini selain kekocakan dan plot twist-nya, yaitu akting pemeran utama pria (terbilang minim pengalaman tapi aktingnya meyakinkan). Hal lain yang kusuka di sini adalah akting kakak tiri tokoh utama wanita. Di drama ini dia diceritakan sebagai orang yang licik karena mau enaknya sendiri, tapi di sisi lain dia juga harus menunjukkan bahwa dia masih punya rasa bersalah/hati nurani, dan dia bisa menunjukkan kedua emosi tersebut.
  
13. Sparkling Sparkling (Drama Serial)

Source of pict: link
Inti cerita drama ini adalah tentang putri yang tertukar di keluarga yang sangat berbeda kondisi ekonominya ("putri yang tertukar"? :D ).
  
Tapi ada yang membuatnya terlihat spesial di mataku, yaitu…tentang karakter kedua tokoh perempuan tersebut. Si perempuan kaya, meski statusnya anak orang kaya tapi selalu berusaha dengan kemampuannya sendiri, tidak semata-mata mengandalkan uang keluarganya. Dalam perjalanan ceritanya, tokoh yang kemudian diketahui ternyata anak orang biasa ini ditolak oleh ibu dari laki-laki yang dia suka (tidak disukai gitu, ceritanya), tapi dia tidak menyerah untuk meluluhkan hati perempuan tua itu dengan terus melakukan kebaikan padanya. Dia juga akhirnya berusaha memahami kesulitan yang dialami oleh tokoh perempuan kedua, semasa dia masih jadi orang biasa.
  
Sedangkan tokoh perempuan kedua, punya perangai yang tidak sebaik tokoh pertama. Setelah dia pindah ke rumah orangtuanya yang sebenarnya (orang kaya), dia jadi “sok”. Tapi hal itu bisa dipahami, karena memang semasa jadi anak orang biasa, dia terus menerus dikejar debt collector (karena ayahnya yang orang biasa itu suka judi dan berhutang), bahkan dia pernah hampir dibunuh sewaktu dipaksa mengatakan di mana keberadaan ayahnya. Itulah yang kemudian membuatnya egois ketika jadi orang kaya, sebenarnya dia hanya ingin haknya kembali, itu saja menurutku.
  
Yang tidak bisa kupahami di sini adalah si ibu kaya yang sikapnya berubah 180 derajat setelah dia tahu siapa putrinya yang sebenarnya. Dia sudah merawat anak perempuan itu sejak lahir hingga berusia 27 tahun, tapi mengapa setelah tahu bahwa orang itu bukan anak kandungnya lantas dia memperlakukannya seperti anak tiri? 27 tahun lho…tidak adakah rasa sayang yang tersisa meski kebenaran telah terungkap?
   
*Karena ini drama produksi MBC, dimana MBC memang terkenal suka membuat drama dengan episode yang jumlahnya puluhan, ketika menonton drama ini rasanya seperti menonton sinetron, panjang! :D
  
(Dari sekian banyak judul, kenapa tidak ada Endless Love dan Full House yang melegenda? Karena keduanya adalah drama favorit sejuta umat, semua orang sudah tahu ceritanya, aku tak perlu repot-repot menuliskannya di sini. Aku juga tidak memasukkan drama Secret Garden dalam daftar di atas karena aku tidak menontonnya, jadi tidak bisa merekomendasikannya.)
   

11 comments:

  1. tambahin yaahh...

    Drama Serial : MISAENG, & Discovery Of Romance

    Film Layar Lebar : The Attorney & Roaring Current.

    Mudah2an suka...

    ReplyDelete
  2. nggak terlalu suka drama, tapi hampir semua film korea yg ber-rating sudah saya tonton.
    I love hello ghost. cha tae hyun oke banget da ektingnya. apalagi waktu di ending, yang dia lari2 dengan mulut dipenuhi kimbab :")

    ReplyDelete
  3. Hotel King juga bagus chingu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. o ya? baru denger judul itu. boleh nih buat wacana nonton selanjutnya ;)

      Delete
  4. Alfaaa...kemana ajaaa? #eh
    Btw, God Quiznya belom sempet nonton aja iih akuu, itu si donghae yang maen bukan siy? drama sama movienya bagusan dipisan Fa ;) Reply 1997 favorite juga tuhhhh...euh Yoon Yoon Jaeeee.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku di sini aja kakaaakk...kagak kemana-mana :D
      Emang sekilas ada miripnya sama donghae, tapi bukan dia.
      Iya tuh Reply 1997 juga favoritku. Klo aku nyebut Yoon Jae = guguk-man...habis mukanya kayak guguk sih klo lagi meringis :p

      Delete
  5. Annyeong chingu... salam kenal yaa..

    hehehheee... aq mau rekomendasiin drama korea bride of the century yaaa..

    ceritanya bagus,, ga gampang ketebak.. semoga suka.. ^_^

    Lalu klo suka tentang kejahatan gitu.. ada Ghost/Phantom .. yang maen So Ji Sub oppa..

    semoga suka.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udah nonton Bride of The Century, dan aku sukaaaaa~

      Kyaaa...So Ji Sub~
      Jd penasaran nih..

      Makasih ya udah baca postinganku & kasih saran ;)

      Delete
  6. Iya sama2.. pokoknya tukeran info drama yang bagus yaaa..

    waahh klo suka sama so ji sub oppa.. wajib nonton tuuuh Ghost/Phantom,,

    bisa kebayang2 terus ganteng nya oppa pas ngejar2 penjahat...hihihihihi ^_^

    ReplyDelete