Friday, June 07, 2013

Diet Kantong Plastik


Bulan lalu aku sungguh sangat tidak produktif sekali dalam hal tulis-menulis, pun dalam hal tugas. Banyak yang kurang mencapai target karena tenagaku drop sampai ke batas antara semangat dan lesu, yang seperti itu justru sulit untuk 'naik'. Awal bulan ini, aku mencoba untuk 'memaksa' diriku untuk melakukan apa yang seharusnya aku lakukan dan apa yang sudah kutargetkan untuk dilakukan.

Untuk itu aku akan memulai menulis sesuatu yang cukup sepele, sebagai post pembuka bulan Juni ini. Aku akan membagi tips dalam rangka "Diet Kantong Plastik", berhubung baru 2 hari yang lalu kita memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Simple saja, ini dia:
  1. Kalau hanya berbelanja sedikit barang dan barang-barang itu bisa dibawa pulang dengan tangan kosong atau bisa dimasukkan ke dalam tas (kalau kebetulan membawa tas), jangan menerima kantong plastik pemberian kasir. Katakanlah terus terang jika kita tidak memerlukannya.
  2. Kalau sudah berencana untuk belanja banyak barang, bawa tas sendiri dari rumah. Jaman sekarang sudah tren bawa tas sendiri untuk berbelanja di swalayan bahkan supermarket. Dengar-dengar dari teman, di supermarket sekaliber Carrefour sudah tidak memberi kantong plastik untuk customernya, ya? (Yah, aku tidak tahu pasti sih, karena sudah lama sekali tidak ke sana.) Nah, hal itu menunjukkan kalau supermarket besar seperti mereka ternyata juga mempedulikan kesehatan lingkungan, karena mereka sadar bahwa semakin banyak plastik berarti semakin banyak limbah yang dihasilkan oleh kita.
  3. Nah kalau awalnya hanya berencana untuk berbelanja sedikit barang tapi karena sesuatu dan lain hal akhirnya barang belanjaan kita menjadi banyak dan kita terlanjur tidak membawa tas dari rumah, ya apa boleh buat, mau tidak mau kita harus meminta kantong plastik dari kasir. Meski akhirnya menggunakan kantong plastik juga, tapi setidaknya kita sudah berdiet. Karena yang namanya diet kan bukan berarti "tidak sama sekali" tapi "menekan pengunaan seminimal mungkin".
Itu tadi ketiga tips dalam rangka Diet Kantong Plastik. Alangkah bijaksananya jika kita membiasakan diri untuk meminimalkan penggunaan kantong plastik, bukan sekedar aksi sesaat pada momen-momen tertentu saja. Dan apabila memungkinkan, penggunaan kantong plastik bisa kita ganti dengan kantong recycling, yang lebih ramah lingkungan. Marilah kita mulai memikirkan kebersihan dan kesehatan lingkungan, demi kehidupan anak-cucu kita kelak. 


No comments:

Post a Comment