Wednesday, November 07, 2012

Chocoball ala Gue

Who loves chocoball?? *tunjuk diri sendiri*

Yup, resep kali ini yang mau aku bagikan adalah CHOCOBALL!! Hmm...sebenarnya bukan resep juga, habis bikinnya gampang sih :D

chocoball yang tidak sempurna, chocoball yang terlalu manis,
chocoball yang telah kehilangan temannya...   

Bahan:
150 gr biskuit marie, hancurkan (aneh banget ya bahasanya...hha...bodo, ah)
100 ml susu kental manis vanilla (kemarin sih aku pakai 2,5 sachet)
150 gr dark chocolate
1 sdm margarin, lelehkan
  
Cara Membuat:
  1. Biskuit yang sudah dihancurkan (kalau nggak bisa sampai lembut nggak apa-apa, asalkan jangan terlalu kasar juga, karena nanti sulit membentuknya jadi bola-bola) dicampur dengan margarin yang sudah dilelehkan. Aduk rata.
  2. Campur dengan susu kental manis. Sebaiknya susu kental manis ditambahkan sedikit demi sedikit. Kenapa? Untuk mempermudah pencampuran saja :)
  3. Bentuklah campuran biskuit dll tadi seperti bola. Lebih nyaman pakai tangan langsung (bukan pakai sendok), supaya makanan terjaga kebersihannya jangan lupa pakai sarung tangan (yang karet/plastik ya, jangan yang kain...ntar malah nempel di sarung tangannya lagi. Hha).
  4. Lelehkan coklat. Tunggu sampai tidak terlalu panas supaya ketika dibalutkan pada bola biskuit tidak terlalu banyak coklat yang menetes...tapi juga jangan sampai dingin (ntar keburu mengeras malah harus melelehkan lagi, hhe).
  5. Masukkan bola biskuit ke dalam coklat cair, pastikan semua bagian tertutup coklat (lebih baik masukkan bola biskuit satu persatu). Pindahkan ke piring saji.
  6. Setelah semua bola biskuit sudah terbalut coklat, simpan di dalam kulkas. Jangan simpan di dalam freezer, cukup yang biasa saja.
  7. Sajikan chocoball setelah balutan coklat mengeras.

Extras:
  • Bisa juga mengganti susu kental manis vanilla dengan yang rasa coklat, tergantung selera.
  • Ketika biskuit sudah tercampur dengan margarin + susu, bentuk fisiknya akan seperti tepung roti, bukan seperti adonan roti/cake. Tenang saja, itu normal kok. Meski seperti itu penampakannya tapi sudah bisa dibentuk menyerupai bola-bola :)
  • Cara melelehkan coklat batangannya, pasti udah pada tahu dong?? Caranya simple: potong-potong coklat batang dan masukkan ke dalam wadah. Panaskan air di wadah lain (panci), airnya tidak perlu banyak-banyak tapi juga jangan terlalu sedikit, air ini lah yang nantinya membantu pencairan coklat padat. Taruh lah wadah berisi coklat ke dalam panci berisi air. Air yang dipanaskan tidak perlu sampai mendidih, yang penting panas. Kalau air sudah cukup panas, matikan kompor (untuk penghematan, hhe). Biarkan saja si coklat di dalam sana, ntar lama-lama meleleh sendiri kok.
  • Kalau ada yang mau menambah meses sebagai taburan chocoball juga boleh, tinggal ditabur aja ke atas chocoball yang belum dimasukkan ke dalam kulkas. Kalau kemarin aku nggak menggunakan meses karena nanti akan terlalu manis...dan aku kurang suka yang manisnya keterlaluan. Hha.
  • Atau bisa juga pakai coklat putih (cair) untuk menghias chocoball (bagian atas).
  • Lebih baik menggunakan kertas roti sebagai alas chocoball. Kemarin itu aku lupa beli, jadinya setelah dingin si chocoball malah nempel di piring :(

Yak, sekian sharing dari saya. Keep simple, low cost, but tasty ;) Adios~

1 comment: