Tuesday, November 27, 2012

Yesterday: Tumis Jamur

Hai, hai, hai...we meet again~

Hari ini, aku akan bercerita tentang masakan lagi. Tidak banyak bahan yang dibutuhkan, karena bumbunya standar banget.
   
  
Bahan yang diperlukan:
  • Jamur tiram. Itu lho, jamur warna putih yang lebar-lebar. Yang kayak begini nih bentuknya:
taken from: sinta-rahmi.blogspot.com
  • Bawang merah secukupnya.
  • Bawang putih. Jumlahnya pada dikira-kira aja ya, yang jelas biasanya perbandingannya = bawang merah : bawang putih = 2 : 1. Tapi kalau bawang putihnya besar ya 3 : 1. Kenapa bawang putihnya sedikit? Selera saja kok. Hhe. Bawang putih memiliki bau & rasa yang sangat kuat, melebihi bawang merah. Jadi kita tidak perlu menggunakan bawang putih sebanyak bawang merah. Kecuali kalau kamu mau napasmu berbau bawang. Dalam beberapa kasus, penggunaan bawang putih yang berlebihan akan menyebabkan masakan lebih mudah gosong. Silakan dipraktekkan untuk mencobanya.
  • Cabe. Mau menggunakan cabe ijo, merah, besar, kecil...up to you deh.
  • Garam. Pastikan garamnya halus ya. Garam dapur biasa yang kotak-kotak gitu nggak apa-apa, asalkan sudah dihaluskan. Nggak mau kan waktu makan menggigit 'batu'?
  • Minyak goreng, untuk menumis.

Cara membuat:
  1. Cuci jamur tiram, potong-potong (maksudnya disuwir-suwir).
  2. Iris bawang merah, bawang putih dan cabe.
  3. Panaskan minyak. Tumis bumbu-bumbu yang sudah diiris, sampai baunya harum dan berwarna kecoklatan. Ingat ya, ke-co-kla-tan. Bukan ke-hi-ta-man. Karena itu tandanya gosong *LoL
  4. Masukkan jamur tiram, aduk-aduk. Masukkan garam secukupnya. Nah di sinilah susahnya menentukan takaran garamnya. Uuuhh...maaf ya kemarin aku tidak mencatat takaran bumbu yang aku gunakan. Just by instinct ajah :)
  5. Aduk terus sampai layu. Matikan kompor. Sajikan...masakannya lho ya, bukan kompornya.

Tips:
  • Kata ibuku, biar jamurnya nggak alot, nyucinya pake air es/dingin. Tips ini baru aku tahu setelah membuat tumis jamur (T_T) jadi aku tidak tahu kebenarannya :p
  • Setelah dicuci, si jamur agak diperas supaya tidak terlalu banyak 'membawa' air.
  • Sewaktu menumis tidak perlu menambahkan air, karena jamur akan layu dengan sendirinya seperti kangkung. (Persamaan jamur & kangkung = akan layu sendiri ketika dipanaskan. Inilah mengapa volume keduanya sama-sama 'menyusut' ketika ditumis. Sebelum ditumis sekeranjang, setelah ditumis sepiring.)
  • Kalau mau, setelah menambahkan garam, bisa ditambahkan gula pasir, tapi sedikit saja. Setelah itu aduk rata & cicipi. Kalau terasa masih ada bumbu yang kurang bisa ditambahkan lagi. Tapi sayangnya pada fase ini sudah tidak dapat menambahkan bawang putih maupun bawang merah.

Itulah tadi bumbu-bumbu standar dalam dunia tumis-menumis: bawang merah, bawang putih, cabe, garam dan gula. Kalau lain waktu kamu ingin menumis sayuran dan tak tahu bumbunya, pakai saja bumbu-bumbu tersebut. Haha. Akhir kata: keep simple, low cost, but tasty. Cao!

1 comment: